• Kliping Seni Musik

    KLIPING SENI MUSIK DAN SENI RUPA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA 
    Di tujukan untuk melengkapi mata pelajaran Seni Budaya Disusun 
    oleh : DALIH RUSMANA IX A SMP NEGERI 2 CIRACAP Jl. Gunungbatu Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi 43176


     Seni Musik 1. Angklung Gambar 1. Angklung adalah alat musik yang terbuat dari ruas-ruas bambu Angklung adalah alat musik dari bambu yang hidup dan berkembang dijawa barat. Tokoh penemu tehnik memainkan angklung yang terkenal adalah Mang Udjo Ngalageno. Angklung biasa digunakan untuk musik hiburan dan mendukung upacara sosial (pembukaan gedung dan perpisahan). Selain itu, angklung sangat fleksibel (lues) untuk media pengenalan permainan melodi dan tangga nada, terutama tangga nada diatosis. 2. Rebana Gambar 2.
    Rebana berbentuk gendang dan seruling untuk mengiringi tari perut. 3. Calung Gambar 3. Calung adalah alat musik Sunda yang sejenis dengan angklung. Calung adalah alat musik sunda yang merupakan prototipe dari angklung. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara menabuh calung adalah dengan memukul batang (wilahan, bilah) dari ruas-ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut titilaras (tangga nada) fentatonik (da-mi-na-ti-la). Jenis bambu untuk pembuatan calung kebanyakan dari awi wulung (bambu hitam), namun adapula yang dibuat dari awi temen (bambu yang berwarna putih). Pengertian calung selain sebagai alat musik juga melekat dengan sebutan seni pertunjukan. Ada dua bentuk calung sunda yang dikenal, yakni calung rantai dan calung jinjing. 4. Dram Band Gambar. 4 Gambar Simfonibiz Miniatur Alat Musikbandung.olx.co.id 5. Gitar Gambar. 5 Gitar adalah alat musik modern
      SENI RUPA 1. SENI RUPA MODERN Seni rupa modern adalah seni rupa yang tidak terbatas pada kebudayaan suatu adat atau daerah, namun tetap berdasarkan sebuah filosofi dan aliran-aliran seni rupa. Ciri-ciri • Konsep penciptaannya tetap berbasis pada sebuah filosofi , tetapi jangkauan penjabaran visualisasinya tidak terbatas. • Tidak terikat pada pakem-pakem tertentu. Contoh Lukisan-lukisan karya Raden Saleh Syarif Bustaman, Basuki Abdullah, dan pelukis era modern lainnya. Seniman Raden Saleh Syarif Bustaman, Abdulah Sr, Pirngadi, Basuki Abdullah, Wakidi, Wahid Somantri, Agus Jaya Suminta, S. Sujoyono, Ramli, Abdul Salam, Otto Jaya S, Tutur, dan Emira Sunarsa. 2. SENI RUPA KONTEMPORER Seni Kontemporer adalah salah satu cabang seni yang terpengaruh dampak modernisasi. Kontemporer itu artinya kekinian, modern atau lebih tepatnya adalah sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama atau saat ini. Jadi seni kontemporer adalah seni yang tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dulu dan berkembang sesuai zaman sekarang. Lukisan kontemporer adalah karya yang secara tematik merefleksikan situasi waktu yang sedang dilalui. Misalnya lukisan yang tidak lagi terikat pada Rennaissance. Begitu pula dengan tarian, lebih kreatif dan modern. Ciri-ciri • Tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dulu dan berkembang sesuai zaman. • Tidak adanya sekat antara berbagai disiplin seni, alias meleburnya batas-batas antara seni lukis, patung, grafis, kriya, teater, tari, musik, hingga aksi politik. Contoh Karya-karya happening art, karya-karya Christo dan berbagai karya enviromental art. Seniman Gregorius Sidharta, Christo, dan Saptoadi Nugroho.   Leonardo da Vinci Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Leonardo da Vinci Potret dirinya dalam sebuah kapur merah, sekitar tahun 1512-1515.[1]Royal Library of Turin Nama lahir Leonardo di Ser Piero Lahir 15 April1452 Vinci, Florence, yang sekarang termasuk dalam wilayah Italia Wafat 2 Mei1519 (umur 67) Amboise, Touraine (sekarang Indre-et-Loire, Perancis) Kewarganegaraan Italia Bidang Beragam bidang dari seni dan ilmu Aliran High Renaissance Karya terkenal Mona Lisa, The Last Supper, The Vitruvian Man Leonardo da Vinci (lahir di Vinci, propinsi Firenze, Italia, 15 April1452 – meninggal di Clos Lucé, Perancis, 2 Mei1519 pada umur 67 tahun) adalah arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukisRenaisansItalia. Ia digambarkan sebagai arketipe "manusia renaisans" dan sebagai jenius universal. Leonardo terkenal karena lukisannya yang piawai, seperti Jamuan Terakhir dan Mona Lisa. Ia juga dikenal karena mendesain banyak ciptaan yang mengantisipasi teknologi modern tetapi jarang dibuat semasa hidupnya, sebagai contoh ide-idenya tentang tank dan mobil yang dituangkannya lewat gambar-gambar dwiwarna.Selain itu, ia juga turut memajukan ilmu anatomi, astronomi, dan teknik sipil bahkan juga kuliner.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13