• Ayo! Daftar PTS 2016/2017

    Pendaftaran Universitas Swasta 2016/2017



    Pada kesempatan ini, saya akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran-pendaftaran mahasiswa baru, buat teman yang udah galau gk keterima ke PTN masih banyak jalan dan peluang kita untuk bisa kuliah, semangat teman-teman, kali ini saya membahas mengenai pendaftaran Universitas Swasta 2016/2017. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi arahan bagi temen-temen semua dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru di Universitas Swasta. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.



    Dalam rangka melakukan penerimaan mahasiswa baru, Universitas Swasta membukanya beberapa jalur penerimaan, diantaranya jalur undangan ke masing-masing sekolah mitra, jalur PMDK, jalur prestasi, jalur tes tertulis, jalur USM, jalur reguler dan ada pula yang menggunakan sistem one day service (pelayanan dalam satu hari), serta jalur lainnya. Selain itu, ada beberapa Universitas Swasta yang membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur UMB-PTS.

    Namun perlu diketahui bahwa tidak semua Universitas Swasta membuka keseluruhan jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut, mungkin hanya beberapa jalur saja. Untuk mengetahui informasi mengenai jalur-jalur di tersebut, mari kita bahas selengkapnya berikut ini.

    1. Pendaftaran Jalur PMDK

    PMDK atau Penelusuran Minat dan Kemampuan merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan tanpa tes tertulis. Penerimaan jalur PMDK ini didasarkan pada prestasi siswa, baik prestasi akademik, prestasi olahraga, prestasi seni, atau prestasi lainnya sesuai ketentuan Universitas Swasta tujuan anda.

    Bagi anda yang ingin kuliah di Universitas Swasta dengan mengikuti jalur PMDK ini, maka anda harus termasuk siswa-siswa yang berprestasi di Sekolah. Untuk siswa-siswi yang tidak memiliki prestasi, maka bisa mengikuti seleksi jalur lainnya yang dibuka oleh Universitas Swasta.

    Beberapa Universitas Swata yang membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PMDK, yaitu :

        Universitas Gunadarma (UG)
        Binus University
        Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI)
        Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
        Universitas Narotama (UNNAR)
        Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)
        Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
        Universitas Islam Bandung (UNISBA)
        Universitas Kristen Maranatha
        Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)
        Universitas Pasundan (UNPAS)
        Universitas Widyatama
        Universitas Parahyangan (UNPAR)
        Universitas Al-azhar Indonesia (UAI)
        Universitas Galuh (UNIGAL)
        Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA)
        Universitas Multimedia Nusantara (UMN)
        dan masih banyak lagi Universitas Swasta lainya.

    2. Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis

    Jalur ujian tertulis adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui tes tertulis yang dilakukan oleh semua peserta. Peserta harus datang ke lokasi ujian dengan membawa beberapa perlengkapan untuk mengikuti tes tertulis.

    Penentuan kelulusan melalui jalur Tes Tertulis ini didasarkan pada nilai akhir yang diperoleh peserta setelah di rangking dari yang terbesar hingga terkecil. Jika Universitas Swasta tersebut menerima 100 orang, seandainya anda ada diperingkat dibawah 100, maka anda dipastikan lulus seleksi. Namun seandainya anda ada diperingkat lebih dari 100, maka anda tidak akan dinyatakan lulus seleksi.

    Seleksi ujian tertulis ini dibuka oleh semua Universitas Swasta di Indonesia.Seandainya anda tidak lulus seleksi di Universitas Swasta A, maka anda dapat mengikuti seleksi di Universitas Swasta B jika masih dibuka. Untuk lebih jelasnya dapat melihat jadwal pelaksanaan di masing-masing Universitas Swasta tersebut.

    Salah satu tujuan dibukanya jalur tes tertulis ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang mungkin telah mengikuti seleksi jalur sebelumnya tetapi tidak lulus, atau yang belum mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi, maka dapat mengikuti seleksi jalur Ujian Tertulis.

    Agar bisa lulus seleksi, maka anda harus mempersiapkan diri dengan semaksimal mungkin. Mudah-mudahan dengan usaha dan doa anda tersebut, maka dapat mewujudkan keinginan anda.

    Informasi tambahan : dibeberapa Universitas Swasta lain, bahwa Jalur Tes Tertulis ini disebut dengan jalur Ujian Saringan Masuk (USM), Jalur Tes Umum, Jalur Reguler dan mungkin masih ada sebutan lainnya.

    3. Pendaftaran Jalur Prestasi

    Jalur Prestasi adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi, baik prestasi olahraga, seni, olimpiade sains ataupun akademik. Seleksi jalur prestasi dilakukan tanpa ujian tertulis, namun didasarkan pada prestasi siswa.

    Beberapa Universitas Swasta menyebut jalur prestasi sebagai jalur PMDK, namun pada Universitas lainnya tetap menyebut dengan jalur prestasi.

    Beberapa Universitas Swasta yang membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Prestasi yaitu :

        Universitas Islam Indonesia (UII)
        Telkom University
        Universitas Jenderal Achmad Yani (UAJY)
        Universitas Trisakti (USAKTI)
        Universitas Surabaya (UBAYA)
        Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI)
        Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)
        Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
        Universitas Kristen Petra
        dan masih banyak lagi Universitas Swasta lainnya.

    4. Pendaftaran Jalur One Day Service

    Jalur One Day Service merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan selesai dalam satu hari, yaitu mulai dari pendaftaran, ujian dan pengumuman kelulusan dapat diketahui dalam satu hari.

    Peserta datang langsung ke Universitas Swasta yang ditujunya dan yang membuka jalur ini untuk melakukan pendaftaran dengan membawa berkas-berkas pendaftaran. Setelah mendaftar, kemudian peserta dapat langsung mengikuti tes yang biasanya dilakukan menggunaakan Komputer. Setelah menyelesaikan soal tes, peserta bisa langsung mengetahui hasil tesnya. Hasil tes tersebutlah yang akan menjadi dasar pakan peserta dinyatakan lulus atau tidak.

    5. Pendaftaran Jalur Internasional

    Jalur Internasional merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Universitas Swasta dalam rangka menerima mahasiswa baru internasional. Hanya ada beberapa Universitas Swasta yang membuka jalur ini. Anda dapat melihat informasinya di website Universitas Swasta yang membuka jalur ini.

    6. Pendaftaran Jalur UMB-PTS

    UMB-PTS atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Swasta adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui tes tertulis yang diikuti oleh semua peserta.

    UMB-PTS ini merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara, atau disingkat P-SPMBN.

    Hanya ada beberapa Universitas Swasta yang tergabung dalam UMB-PTS, yaitu :

        Universitas Trisakti (Usakti)
        Universitas Pancasila (UP)
        Universitas Gunadarma (UG)
        Universitas Bakrie (UB)
        Universitas Islam Sumatera Utara (UISU)
        Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS)
        Universitas Parahyangan (UNPAR)
        Universitas Trilogi

    Untuk kedepan, semoga Universitas Swasta lain bisa bergabung dalam UMB-PTS ini sehingga peserta yang memilih jalur UMB-PTS dapat memiliki pilihan Universitas Swasta lebih banyak. Informasi lengkap mengenai UMB-PTS dapat anda baca di www.spmb.or.id. Selain itu, dapat pula dibaca pada artikel : Pendaftaran Online SPMB atau Pendaftaran SPMB.

    Selain jalur-jalur yang telah dibahas di atas, masih ada lagi jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya yang dibuka oleh Universitas Swasta. Anda dapat melihatnya langsung diwebsite resmi masing-masing Universitas Swasta.

    Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Universitas Swasta 2016/2017. Semoga informasi yang telah dibahas bisa memberikan pencerahan tersebut bermanfaat bagi teman-teman semua.  Silahkan bagikan informasi ini kepada teman-teman semua!

    Saya  turut berdo'a karena saya pun masih menunggu testing nih, yoo, semangat teman -teman semoga kalian bisa keterima di universitas kalian .. amin.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13