• Apa + dan - dari Bambu?

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Hai teman-teman sahabat bambu, bagaimana kegiatan aktivitas nya pada hari ini, semoga lancar-lancar saja, pada kesempatan yang baik ini sahabat bambu ingin berbagi pengetahuan tentang Keunggulan dan Kelemahan bambu.

    Sumber : civilkitau.blogspot.com
    Taukah teman-teman, Di Indonesia bambu merupakan salah satu bahan konstruksi bangunan. Dan bamboo banyak di gunakan di daerah pelosok ataupun di daerah pedesaan yang banyak digunakan untuk membuat rumah. Negara Indonesia termasuk ketinggalan dengan Negara-negara lain dalam hal penggunaan bamboo, bamboo pada jaman dulu sering disebut dengan kayunya orang miskin, pada jaman sekarang bamboo sudah menjadi komoditi kebutuhan lapisan masyarakat untuk bahan konstruksi bangunan baik rumah-rumah kumuh ataupun rumah-rumah mewah.

    Rumah di Indonesia menunjukan bahwa sekalipun bahannya dari bamboo, tapi kalau di buat dengan menarik dan baik bangunan yang dihasilkan akan jauh lebih menarik perhatian, dan bisa meningkatkan kreativitas masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan bamboo dengan baik.

    Di dunia tercatat lebih dari 75 negara dan 1259 spesias bamboo, dan bamboo yang ada di Asia Selatan dan Asia Tenggara kira-kira 80% dari seluruh bamboo yang ada di dunia. Berdasarkan pertumbuhannya, bamboo dibagi menjadi dua kelompok yaitu berumpun (sympodial), dan menjalar (monopodial). Bamboo berumpun (sympodial) termasuk tanaman hutan dengan pertumbuhan akarnya sangat terbatas dalam satu rumpun. Oleh karena nya jenis bamboo ini tidak merusak lingkungan. Berbeda dengan bamboo menjalar (monopodial) pertumbuhan bamboo ini cenderung merajalela ke segala arah untuk menguasai area tempat pertumbuhan bamboo tersebut. Oleh karena itu bamboo yang pertumbuhannya menjalar dapat merusak lingkungan dan mampu menembus fondasi, sehingga tanaman ini masuk ke halaman rumah tetangga dan susah dalam pembasmiannya.

    Teman-teman kita sebagai masyarakat Indonesia harus tau tentang Kelebihan dan Kekurangan bamboo, karena tradisi di Indonesia khususnya di daerah sunda atau di daerah teman-teman banyak menggunakan bambu sebagai bahan bangunan atau yang lainnya.

    Kelebihan Bambu
    •  Bamboo itu mudah di tanam dan tidak membutuhkan pemeliharaan khusus. Bagi teman-teman yang ingin membudi daya bamboo, sebenarnya tidak membutuhkan investasi yang besar, budidaya bamboo dapat dilakukan dengan peralatan sederhana dan tidak membutuhkan pengetahuan yang lebih, setelah bamboo sudah besar, hasilnya dapat di dapat dengan mudah dan tidak perlu menanam lagi. 
    • Pertumbuhan bamboo dapat tumbuh sekitar 5 cm per jam atau 100 cm per hari. Bambu sangat banyak manfaatnya, bamboo dengan kualitas baik dapat diperoleh sekitar berumur 3-5 tahun.
    •  Tanaman bamboo mempunyai ketahanan yang luar biasa. Bahkan saat Hiroshima di jatuhi bom atom sampai rata dengan tanah, satu-satunya tanaman yang bisa tumbuh kembali dengan baik adalah tanam bamboo ini. Luar biasa bukan teman-teman.
    • Teman-teman ternyata bamboo itu kuat, bamboo mempunyai kekuatan yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan baja tarikannya. Sekalipun bamboo ini kuat tapi belum bisa dimanfaatkan dengan baik.
    • Bamboo berbentuk pipa sehingga kelembapannya tinggi, oleh karena itu bamboo cukup baik untuk memikul momen lentur, ditambah bamboo sifatnya elastis, dan struktur bamboo sangat kuat terhadap angin maupun bamboo.

    Kekurangan Bambu
    • Sekalipun bamboo banyak manfaat dan kelebihannya, kiranya kita perlu ingat bahwa bamboo juga mempunyai kekurangannya atau kelemahanya.
    • Bambu mempunyai keterbatasan umur sangat rendah, bamboo sangat berpotensi di serang oleh serangga kumbang bubuk, sehingga bangunan atau alat yang terbuat dari bahan bamboo mudah keropos dan tidak awet, hanya tahan mungkin tidak lebih dari 5 tahun.
    • Kekuatan sambungan bamboo umumnya sangat rendah karena perangkaian batang-batang struktur bamboo sering di lakukan secara konvensional menggunakan paku, pasak, atau tali ijuk. Kekuatan sambungan hanya didasarkan pada kekuatan gesek antara tali dan bambu atau antara bambu yang satu dengan bambu lainnya Dengan demikian penyambungan bambu secara konvensional kekuatannya rendah, sehingga kekuatan bambu tidak dapat dimanfaatkan secara optimal. Pada saat tali kendor sebagai akibat kembang susut karena perubahan temperatur, kekuatan gesek itu akan turun, dan bangunan dapat runtuh. Oleh karena itu sambungan bambu yang memakai tali perlu dicek secara berkala, dan tali harus selalu disetel agar tidak kendor.
    • Sifat bambu yang mudah terbakar. Sekalipun ada cara-cara untuk menjadikan bambu tahan terhadap api, namun biaya yang dikeluarkan relatif cukup mahal.
    • Bersifat sosial berkaitan dengan opini masyarakat yang sering menghubung kan bambu dengan kemiskinan, sehingga orang segan tinggal di rumah bambu karena takut dianggap miskin. Orang baru mau tinggal di rumah bambu jika tidak ada pilihan lain. Untuk mengatasi kendala ini maka perlu dilibatkan arsitek, agar rumah yang dibuat dari bambu terlihat menarik. Upaya ini tampak pada bangunan-bangunan wisata yang berupa bungalo dan rumah makan yang berhasil menarik wisatawan mancanegara.

    Mungkin hanya itu yang bisa sahabat bamboo paparkan kepada teman-teman semoga bermanfaat silahkan kunjungi terus ya blog ini.. Terima kasih..
    Selamat Ber aktivitas kembali.


  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13